PENGADILAN AGAMA NATUNA GELAR

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 89 TAHUN 2017

 

www.pa-natuna.go.id (27 Oktober 2017)

a

Jumat tanggal 27 Oktober 2017 Upacara Hari Peringatan Sumpah Pemuda ke 89 dilaksanakan di halaman Kantor Pengadilan Agama Natuna yang diikuti oleh seluruh Hakim, Panitera, Pejabat Struktural, Fungsional, Staf, dan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Pengadilan Agama Natuna.

Adapun yang betindak sebagai petugas dalam kegiatan ini adalah. Ketua Pengadilan Agama Natuna Drs. Darwin, S.H.,M.Sy bertindak sebagai Pembina Ucapara, Penanggung Jawab Panitera, Pemimpin Upacara Supriyadi, S.Pd.I,. Pemimpin Pasukan Saleh, Pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 Yendri Elvi, S.Si,. Pembacaan Keputusan Konggres Pemuda Indonesia 1928 oleh Pembina Upacara. Protokol Ayub, S.Pd.I, Ajudan Jung Jung Nasution, S.Pd.I,.  Pembacaan Do’a Taufik. Dokumentasi Zulkarnain, S. Pd.I.

a

Selanjutnya Pembina Upacara Drs. Darwin, S.H.,M.Sy membacakan Pidato Peringatan Sumpah Pemuda ke 89 sesuai surat edaran Sekretariat Mahkamah Agung Republik Indonesi nomor: 939/SEK/HM.01.2/10/2017 tentang Penyelenggaraan Upaacara Peringatan Hari  Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 yang isinya antara lain berbunyi:

"Pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari selurh Penjuru Tanah Air bekempul disebuah gedung di jalan Keramat Raya, daerah kwitang Jakarta, mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu, Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalan sejarah bangsa Indonesia.dst....

"Sumpah Pemuda dibacakan di area Konggres Pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama, daerah. jika kita membaca dokumen sejarah Konggres Pemuda ke-2, kita kan menemukan daftar panitia dan peserta Konggres yang bersa dari pulau-pulau terjauh Indonesia, secara imajinatif sulit rasanya membayangkan mereka dapat bertemu dengan mudah"

"Dari belahan barat Indonesia terdapat nama Mohammad Yamin, seorang pemuda kelahiran Sawah Lunto Sumatra Barat yang mewakili organisasi pemuda sumatra. Dari belahan timur Indonesia, kita menemukan pemuda bernama Johannes Leimena kelahirann kota ambon maluku, yang mewakili organisasi pemuda Jong Ambon, ada juga Katjasungkana dari Madura, ada juga Cornalis Lefrand Sunduk mewakili Pemuda Sulawesi , Jong Celebes."

"Kita tentu patut bersyukur atas sumbangan pemuda Indonesia yang sudah melahirkan sunpah pemuda, sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya..dst.

"Dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama Bung Karno pernah menyampaikan :"JANAGAN MEWARISI ABU SUMPAH PEMUDA, TAPI WARISILAH API SUMPAH PEMUDA. KALAU SEKEDAR MEWARISI ABU, SAUDAR-SAUDARA AKAN PUAS DENGAN INDONESIA YANG SEKARANG SUDAH SATU BAHASA, SATU BANGSA, DAN SATU TANAH AIRTAPI INI BUKAN TUJUAN AKHIR".dst......(Written By Zulkarnain)

g

#HSP89

#BERANIBERSATU

#SALAM SUMPAH PEMUDA DARI UJUNG UTARA INDONESIA