PENGADILAN AGAMA NATUNA MELAKUKAN SOSIALISASI ON AIR

PANJAR BIAYA PERKARA

 

Rabu (02/05/2018) jam 08.00-09.00, Kusnoto, S.HI., MH selaku Hakim sekaligus Humas di Pengadilan Agama Natuna melakukan sosialisasi mengenai biaya perkara di PA Natuna. Kegiatan ini dilakukan secara On Air di Radio Republik Indonesia (RRI) Ranai Programa 1 Studio yang beralamat di Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur.

radio

Kusnoto, S.H.I., MH memberitakan dan menyampaikan Surat Keputusan PA Natuna Nomor : W4-A14/50 /HK.00.8/I/2018 Tentang Panjar Biaya Perkara dan Radius Biaya Perkara Pada Pengadilan Agama Natuna Tahun 2018.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan demi kelancaran penyelesaian perkara dan untuk mewujudkan peradilan yang bersih, jujur dan transparan, serta untuk memenuhi tertib administrasi, transparansi dan kepastian hukum sehingga  Panjar Biaya Perkara dan Radius Biaya Perkara dapat secara jelas dan mudah diketahui oleh masyarakat.

Keputusan Panjar Biaya Perkara dan Radius Biaya Perkara juga diumumkan melalui papan pengumuman dan website resmi Pengadilan Agama Natuna. Hal ini untuk mempermudah para pihak pencari keadilan melihat dan mempertimbangkan biaya perkara yang akan dibayarnya.

radio

Lebih lanjut, Kusnoto menyampaikan ada beberapa catatan yaitu (1) Biaya pemanggilan/pemberitahuan bagi pihak yang berdomisili diluar Wilayah Hukum Pengadilan Agama Natuna mengacu kepada biaya pemanggilan/pemberitahuan yang ditetapkan oleh Pengadilan Agama yang bersangkutan, (2) Pemanggilan/pemberitahuan sidang keliling dihitung dari tempat sidang keliling sebesar Rp.50.000, (3) Biaya pengumuman untuk RRI dan pengumuman di Kantor Bupati Natuna sebesar Rp. 95.000,-. dan (4) Biaya kirim Wesel Rp.20.000,- dan Biaya kirim surat Rp. 100.000,-.

Pejabat Struktural dan Fungsional serta pegawai Pengadilan Agama Natuna bertekad meningkatkan pelayanan prima dan putusan yang berkualitas, dan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya PA Natuna memberikan pelayanan terbaik bagi para pencari keadilan diwilayah yurisdiksi PA Natuna. (By. DAP)