UPACARA BENDERA DALAM RANGKA SUMPAH PEMUDA KE-90

Natuna (29/10)

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 tepat 90 tahun yang lalu, terjadi sebuah peristiwa penting dimana berkumpulnya para pemuda Indonesia untuk berikrar  bertumpah darah satu, berbangsa satu dan berbahasa persatuan, Indonesia. Seiring dengan berjalannya waktu, semua yang dicita-citakan perlahan namun pasti terlihat dan sudah terwujud. Dan peristiwa itu hingga saat ini dikenal dengan sumpah pemuda.

 

Untuk memperingati hari sumpah pemuda, berdasarkan surat edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor: 1325/SEK/HM.0.1.2/10/2018 tanggal 25 Oktober 2018, maka Pengadilan Agama Natuna melaksanakan upacara peringatan hari sumpah pemuda dengan mengadakan upacara bendera. Upacara bendera yang dilaksanakan untuk memperingati hari sumpah pemuda kali ini dilaksanakan bersama dengan Pengadilan Negeri dengan mengadakan upacara bendera gabungan yang dilaksanakan di Kantor Pengadilan Negeri Ranai.

 

Upacara dilaksanakan pukul 08.15 WIB dengan dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Natuna dan Pengadilan Negeri Ranai. Bertindak menjadi Pembina upacara adalah Nanang Dwi Kristanto, S.H., M.H., Hakim Pengadilan Negeri Ranai yang dalam amanatnya menyampaikan sambutan Menpora yang pada pokoknya adalah bahwa tema Sumpah Pemuda ke 90 kali ini adalah : Bangun Pemuda, Satukan Indonesia. Dengan mengamanatkan bahwa ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setap generasi muda untuk memenangi “pertarungan” masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia. Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, Ketga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional. 

 

Mudah-mudahan dengan adanya peringatan sumpah pemuda ini senantiasa mengingatkan kita semua bagaimana bangsa ini diperjuangkan, serta menjadi pemacu semangat kita untuk menjawab berbagai peluang dan tantangan bangsa Indonesia saat ini dan yang akan datang. (eMKa)