Setiap bulan November tepatnya pada tanggal 10 November dikenal sebagai dengan Hari Pahlawan. Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung, Pengadilan Agama Natuna berserta Pengadilan Negeri Ranai menggelar upacara bendera bersama dalam rangka memperingati hari Pahlawan ke-73 tahun 2018. Upacara dilaksanakan di Pengadilan Negeri Ranai pada hari Senin (12/10) pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh Pimpinan Pengadilan, Para Hakim, pejabar struktural dan fungsional, serta seluruh aparatur Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, serta para mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Natuna yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Pengadilan Agama Natuna dan Pengadilan Negeri Ranai.


Pada upacara bendera kali ini, setelah mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan serta mendoakannya, disampaikan juga pesan-pesan dari beberapa pahlawan nasional kita seperti Sutomo (Bung Tomo), Ir. Soekarno (Bung Karno), dan Moh. Hatta (Bung Hatta). Pesan-pesan tersebut mengingatkan kita betapa gigihnya perjuangan para pahlawan kita terdahulu serta pentingnya bagi kita semua untuk meneruskan jejak perjuangan para pahlawan.


Bertindak sebagai Pembina upacara kali ini adalah Rusdi, S.Ag., MH., Ketua Pengadilan Agama Natuna. Beliau membacakan pidato Menteri Sosial RI, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si., Beliau menyampaikan bahwa peringatan hari Pahlawan tidak sebatas acara atau prosesi semata, akan tetapi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.


Semoga dengan peringatan Hari Pahlawan ke-73 tahun 2018 dapat memberikan semangat baru bagi kita semua dalam mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para Pahlawan. Dan semangat kepahlawanan tersebut menjadi teladan serta semangat hidup kita semua untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Seperti Bung Karno sampaikan: “JAS MERAH. Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah”. (eMKa)