PENYELENGGARAAN TES DAN SELEKSI TENAGA HONORER DI PENGADILAN AGAMA NATUNA

Pengadilan Agama Natuna dalam rangka meningkatkan pelayanan publik mengadakan seleksi penerimaan tenaga honorer (tenaga kontrak), seleksi terbuka yang diumumkan lewat website resmi Pengadilan Agama Natuna dan media sosial mendapatkan animo yang begitu besar dari masyarakat, hal ini dapat dibuktikan dengan angka atau jumlah peserta yang mengajukan lamaran untuk ikut bersaing.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi pengganti tenaga kerja honorer yang akan keluar kantor dikarenakan 2 orang honorer di Pengadilan Agama Natuna Lulus CPNS tahun kemaren yaitu saudara Ayub, S.Pd.I dan saudara Supriyadi, S.Pd.I yang akan menjadi Guru Pendidikan Agama Islam.

Tes Komputer dilaksanakan pada hari Rabu, 13 Maret 2018 sedangkan tes wawancara dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 22 Maret 2019, yang diikuti oleh peserta dengan latar belakang pendidikan SMA, D3 dan S1 dengan panitia yang diketuai oleh Ketua Pengadilan Agama Natuna Bapak Rusdi, S,Ag., M.H.. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.30.00 WIB sampai selesai. Beliau menyampaikan bahwa hasil seleksi ini akan diumumkan melalui website resmi Pengadilan Agama Natuna sehingga mempermudah para peserta untuk melihat hasil seleksi yang telah dilaksanakan.

Selain tugas pokok sebagai pramu bhakti, petugas keamaan dan sopir, tenaga honorer (tenaga kontrak) yang akan direkrut ini akan diperbantukan sebagai petugas meja pelayanan dan membantu di administrasi kesekretariatan. Tugas tambahan yang membutuhkan kemampuan di bidang teknologi informasi dan kemampuan komunikasi berimplikasi terhadap seleksi yang begitu ketat. Setiap peserta harus melewati 2 tahapan, yaitu:, Tes Komputer; dan  Wawancara. Dengan 2 tahap seleksi ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mencari tenaga kerja yang berkualitas dan kuantitas agar menjadi tenaga kerja yang handal dan kompeten dalam segala kegiatan administrasi Pengadilan Agama Natuna

Dengan seleksi ini diharapkan mampu menjaring tenaga yang handal dan profesional, tidak hanya di bidang tugas pokoknya saja, tapi dapat melakukan tugas-tugas tambahan yang diberikan oleh unsur pimpinan di meja pelayanan dan administrasi umum.

Kegiatan ini dilakukan untuk mencari tambahan tenaga kerja honorer sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Natuna ke depan nantinya. Kegiatan ini juga dilaksanakan karena Pengadilan Agama Natuna membutuhkan tambahan tenaga baru untuk membantu administrasi kesekretariatan maupun kepaniteraan mengingat jumlah Pegawai Negeri Sipil di Pengadilan Agama Natuna masih sangat kekurangan. cq. (sanedi)