LAUNCHING e-SKP PENGADILAN AGAMA NATUNA

Natuna,

Jumat, 03 Mei 2019 pagi ini ruang sidang utama yang biasa juga dipakai untuk rapat umum terlihat ramai, karyawan honorer sedang mempersiapkan ruang sidang tersebut untuk melaksanakan acara launching aplikasi e-SKP. Sebagaimana diketahui, bahwa Hendri Suwelman, S.Kom., Sekretaris Pengadilan Agama Natuna sejak bulan Januari 2019 yang lalu tengah mengikuti Diklat Pim IV. Diklat tersebut dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan (Balitbang Kumdil) Mahkamah Agung RI.

Kegiatan tersebut selenggarakan di Gedung kampus diklat keagamaan Kementrian Agama Medan selama lebih kurang 4 bulan dari mulai januari 2019 s/d Mei 2019 dengan menggunakan sistem on/off Campuss. Salah satu tugas off campus yang diberikan kepada peserta Diklat Pim IV ini adalah membuat proyek perubahan di Satker yang bersangkutan, dan dalam hal ini Hendri Suwelman, S.Kom., membuat aplikasi e-SKP sebagai proyek perubahannya.

Hendri Suwelman, S.Kom, sebagai Project Leader sejak kembali dari tempat diklat telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan mulai dari sosialisasi, audiensi, inventarisasi, hingga pada akhirnya membuat keputusan untuk membuat proyek e-SKP sebagai proyek perubahannya. Dan akhirnya pada hari ini proyek yang telah lama digarap oleh Tim Kerja Efektif, telah rampung dan telah siap untuk di launching. Acara launching tersebut dimuli dengan sambutan yang disampaikan oleh Kusnoto, S.H.I., M.H., Hakim Pengadilan Agama Natuna sebagai mentor dari Hendri Suwelman, S.Kom. Beliau menyampaikan bahwa Beliau ikut berbangga dapat berperan aktif menjadi mentor. Beliau menyampaikan bahwa proyek perubahan yang diinisiasi oleh Hendri Suwelman, S.Kom, pada hakikatnya merupakan pekerjaan bersama dan pada saatnya nanti akan menjadi milik kita bersama.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan yang disampaikan oleh Hendri Suwelman, S.Kom, sebagai Project Leader dari proyek perubahan ini, Beliau menerangkan cara kerja dari aplikasi e-SKP mulai dari awal hingga akhir. Di akhir pemaparan, beliau menyampaikan bahwa launching ini merupakan proyek jangka pendek, dimana aplikasi e-SKP tersebut akan diimplementasikan dan akan terus dikembangkan seiring dengan berjalannya proyek jangka menengah dan jangka panjang. Sebagai penutup beliau juga menyampaikan bahwa “perubahan merupakan keniscayaan, apalagi sekarang kita memperhatikan Mahkamah Agung sendiri terus berubah dan berbenah kearah digitalisasi, mudah-mudahan aplikasi e-SKP ini dapat menjadi salah satu pendukung ke arah perubahan tersebut”.

Acara Launching e_SKP ini ditutup dengan amanat yang disampaikan oleh Rusdi, S.Ag., M.H., Ketua Pengadilan Agama Natuna, sekaligus secara resmi melaunching aplikasi e-SKP tersebut. Dalam amanatnya Beliau membuka dengan menyatakan bahwa “suatu perubahan kadang akan terasa berat pada awalnya, namun harus kita lakukan dan diusahakan agar setiap perubahan tersebut menuju kea rah yang lebih baik”. Selanjutnya Beliau mengapresiasi atas proyek perubahan yang dipaparkan oleh Hendri Suwelman, S.Kom., sebagai Project Leader. Beliau berharap agar proyek perubahan ini didukung oleh semua pihak, karena walaupun e-SKP ini diinisiasi, dirancang, dan dibuat oleh Hendri Suwelman, S.Kom, akan tetapi pada hakikatnya aplikasi e-SKP ini merupakan milik Pengadilan Agama Natuna.

Semoga aplikasi e-SKP ini dapat memberikan perubahan yang lebih baik bagi Pengadilan Agama Natuna dan dapat membantu serta mempermudah pegawai Pengadilan Agama Natuna dalam membuat SKP beserta realisasinya. (emk@)