1 Ramadhan 1440 H di Pengadilan Agama Natuna

Natuna;

Hari ini, senin (06/05) sama seperti senin-senin sebelumnya, sejak pagi pegawai-pegawai Pengadilan Agama Natuna sudah mulai berdatangan ke Kantor Pengadilan Agama Natuna. Hari ini bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan 1440 Hijriyah, hari pertama umat Islam menjalankan ibadah puasa. Namun demikian, seluruh pegawai Pengadilan Agama Natuna tetap bersemangat untuk datang ke kantor dan menjalankan kesehariannya sebagai pegawai Pengadilan Agama Natuna, memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Pagi ini seperti biasa dimulai dengan apel pagi yang dilaksanakan di depan gedung kantor Pengadilan Agama Natuna. Apel pagi dimulai pada pukul 08.00, dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Natuna dan dipimpin oleh Kusnoto, S.H.I., M.H., Hakim Pengadilan Agama Natuna.

Dalam amanatnya menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa dan berpesan agar meskipun berpuasa, diharapkan tetap memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan karena puasa bukanlah alasan menurunkan atau bahkan mengurangi kualitas pelayanan kepada masyarakat, namun justru dengan berpuasa kita dituntut untuk lebih bersemangat memberikan pelayanan, karena segala pelayanan yang kita berikan akan bertambah pahalanya karena dilakukan ketika kita sedang berpuasa.

Selain apel pagi, ketika tiba waktu istirahat dan adzan dzuhur telah berkumandang dari mushalla Al Hikmah, mushalla Pengadilan Agama Netuna, seluruh pegawai Pengadilan Agama Natuna beramai-ramai pergi ke mushalla untuk menjalankan shalat dzuhur berjamaah.

Ada suasana lain terasa, karena biasanya ketika waktu istirahat tiba, pegawai Pengadilan Agama Natuna sebagian pulang ke rumah masing-masing, kali ini semuanya pergi ke mushalla untuk melaksanakan shalat dzuhur berjamaah. Tidak hanya itu, pengurus mushalla juga telah meyusun kegiatan Ramadhan di mushalla Al Hikmah, salah satunya adalah dengan diadakannya kultum setelah shalat dzuhur berjamaah. Jadwal kultum telah disusun untuk 1 (satu) bulan penuh. Kultum di mushalla Al Hikmah ini diadakan adalah selain untuk menggembirakan bulan suci Ramadhan, juga sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan ghirah (semangat) beribadah juga merupakan bagian dari upaya saling mewasiatkan dan saling menasihati dalam kebaikan.

Kultum pertama di hari pertama bulan Ramadhan 1440 H di mushalla Al Hikmah ini disampaikan oleh Rusdi, S.Ag., M.H., Ketua Pengadilan Agama Natuna. Dalam kultumnya, Beliau menyampaikan pentingnya berpuasa, dan ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana agar tidak hanya berpuasa secara fisik, akan tetapi hati juga dapat ikut berpuasa. Hati merupakan salah satu bagian yang paling penting dari tubuh manusia, yang jika hati itu ingin baik, maka hati juga harus ‘dipuasakan’ dari penyakit-penyakit yang dapat merusak hati. Beliau juga mengutip Q.S. At-Taghabun ayat 11 dan salah satu hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang artinya “ingatlah sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal daging, jika ia baik maka baiklah seluruh tubuhnya dan apabila ia buruk maka buruklah seluruh tubuhnya.ingatlah ia adalah hati”. Di akhir kultumnya Beliau mengajak kepada seluruh jamaah agar senantiasa menjaga hati dari segala hal yang dapat mengotori hati, sehingga mudah-mudahan dengan hati yang bersih, maka tubuh kita menjadi sehat.

Mudah-mudahan kita semua senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan untuk menggapai seluruh keutamaan di bulan Ramadhan dan menuntun kita menjadi pribadi yang bertaqwa. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 H. (emk@)