KETUA DAN HAKIM PA NATUNA MENGIKUTI RAKOR PENGAWASAN

 

Ketua PA Natuna (Rusdi, S.Ag.,M.H) serta dua hakim (Kusnoto, S.H.I.,M.H dan Rifqi M Khairuman S.Sy) mengikuti Rapat Koordinasi Hakim Pengawas Bidang Pengadilan Tingkat Pertama se-wilayah Kepulauan Riau yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 28 sampai 30 November 2019 di Kota Batam tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengawasan internal yang dimotori oleh koordinator Hawasbid (Hakim Pengawas Bidang) dan dilaksanakan oleh para Hawasbid.

 Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Nugroho Setiadji, S.H dalam pengarahannya yang disampaikan dalam sambutan pembukaan acara tersebut menerangkan bahwa dalam rangka mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung RI perlu ditempuh langkah-langkah strategis diantaranya dengan meningkatkan pengawasan internal. Oleh karenanya, Hawasbid pada setiap satuan kerja sebagai perpanjangan tangan Ketua dalam menjalankan fungsi pengawasan perlu meningkatkan kompetensinya agar pengawasan dapat dilaksanakan dengan efektif.

Kegiatan dalam Rapat Koordinasi tersebut disamping berisi ceramah pendalaman materi yang disampaikan oleh para pemateri yang kompeten dari  Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, juga disampaikan oleh pemateri dari instansi terkait termasuk dari Komisi Pemberantasan Korupsi RI. Selain dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, juga dilakukan dengan metode diskusi kelompok dan simulasi pengawasan bidang dengan melibatkan bedah berkas.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan di hotel Aston dan diikuti dengan antusias oleh para peserta tersebut, akhirnya ditutup secara resmi oleh Inspektur Wilayah I Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI Dr.Drs.H.Muh Abduh Sulaeman, S.H,M.H. Disertai dengan kesan pesan dari peserta yang pada pokoknya memberikan apresiasi dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan yang bermanfaat untuk kemajuan lembaga tersebut. (Ksn)