SIDANG SEMU MAHASISWA PKL STAI NATUNA DI PENGADILAN AGAMA NATUNA

Sabtu, 14 Desember 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Natuna Kelas II diadakan Praktek Sidang Semu Mahasiswa dan Mahasiswi Praktek Kerja Lapangan (PKL) STAI Natuna Angkatan ke 4 (Empat). Praktek Sidang Semu yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut dipantau langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Natuna, Hakim Pamong, Hakim Pengawas dan Dosen Pembimbing pada hari tersebut.

Praktek Sidang Semu yang berlangsung selama 2 (dua) jam ini berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kekurangan karena terbatasnya waktu bagi para mahasiswa dan mahasiswi PKL untuk mempelajari berkas perkara dan tata cara persidangan.

Ketua Pengadilan Natuna memberikan apresiasi kepada mahasiswa mahasiswi PKL tersebut karena telah bisa memahami sedikit bagaimana cara beracara di Pengadilan mulai dari pendaftaran perkara hingga pengambilan produk pengadilan.

Praktek sidang semu tersebut dilaksanakan seperti sidang sungguhan dengan susunan majelis hakim dan para pihak yang berperkara diperankan oleh mahasiswa dan mahasiswi PKL STAI Natuna dengan tujuan untuk dapat mempelajari dan memahami bagaimana tata cara menjalani sidang di Pengadilan Agama Natuna Kelas II. Hal ini juga merupakan salah satu indikator penilaian dalam kegiatan mahasiswa dan mahasiswi PKL STAI Natuna di Pengadilan Agama Natuna kelas II.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dan mahasiswi PKL STAI Natuna dapat memahami dan mengetahui bagaimana proses berperkara di Pengadilan Agama Natuna Kelas II sehingga nantinya akan dapat menjadi bahan pemikiran dan pengetahuan bagi mahasiswa PKL Prodi Hukum Pidana Islam (Jinayah)  STAI Natuna. (usman)