Jum'at, 27 Desember 2019. Telah dilaksanakan kegiatan pelepasan Mahasiswa PKL STAI Natuna yang magang selama dua bulan di Pengadilan Agama Natuna. Acara digelar di ruang sidang utama Pengadilan Agama Natuna dengan tertib dan lancar.



Bapak Ketua Pengadilan Agama Natuna yang di Wakili oleh PLH Ketua Pengadilan Agama Natuna yaitu, Bapak Kusnoto, S.HI.MH. memimpin langsung pelepasan Mahasiswa PKL tersebut, acara dihadiri oleh Ketua STAI Natuna H. Kartubi, S.E.,M.E.I, Ketua Jurusan Hukum Pidana Islam STAI Natuna Tas'an, M.Ag, dosen Pembimbing Lapangan Syamsuriyana, S.H.,M.H Hakim Pembimbing Rifqi Muhammad Khairuman, S.Sy. Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Pegawai dan karyawan Pengadilan Agama Natuna serta Mahasiswa PKL STAI Natuna.

             

Acara dimulai dengan bacaan ayat Suci Al Qur’an yang dibacakan oleh salah satu Mahasiswa PKL STAI Natuna. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Usman selaku Koordinator PKL, dalam sambutannya Usman mewakili rekan-rekan PKL mengucapkan terimakasih kepada pihak Pengadilan Agama Natuna yang telah menerima peserta PKL dari STAI Natuna dengan baik, dan ia juga menambahkan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak Pengadilan Agama yang telah mengajar, membimbing peserta PKL selama kurang lebih 2 bulan tersebut. Dan Usman juga menambahkan permohonan maaf kepada seluruh  pihak Pengadilan Agama Natuna atas segala perbuatan yang di sengaja maupun tidak disengaja yang di lakukan oleh peserta PKL selama magang di Pengadilan Agama Natuna.



Bapak Rifqi M. Khairuman,S.Sy. (Hakim Pengadilan Agama Natuna) selaku dosen pamong di Pengadilan Agama Natuna, beliau juga menyampaikan kondisi mahasiswa saat melakukan PKL di Pengadilan Agama Natuna berjalan dengan baik dan lancar, anak-anak mahasiswa sangat antusias dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang diisi oleh Hakim, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Natuna. Bapak Rifqi menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa dan Bapak Dosen dari STAI Natuna apabila dalam membimbing mahasiswa kurang berkesan dimata anak-anak mahasiswa.

Selanjutnya Bapak Ketua Jurusan Hukum Pidana Islam dan Ketua STAI Natuna menyampaikan sambutan yang isinya sangat berterimakasih kepada Pihak Pengadilan Agama Natuna yang telah memberikan tempat sehingga dapat terlaksananya PKL anak-anak Mahasiswa STAI Natuna di Pengadilan Agama Natuna selama 2 bulan. Kami berharap Bapak Ketua berkenan lagi apabila kami (STAI Natuna) menjadikan Pengadilan Agama Natuna sebagai mahasiswa untuk menerapkan apa yang telah di dapatkan di bangku perkuliahan “ungakp Bapak Ketua STAI Natuna”

Sambutan terakhir dari Ketua Pengadilan Agama Natuna yang di wakili oleh PLH ketua Pengadilan Agama Natuna Bapak Kusnoto,SH.I.,MH. beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pamong yang telah mengarahkan mahasiswa PKL hingga mencapai target yang telah ditentukan, Bapak Ketua juga mengucapkan terimakasih kepada STAI Natuna yang telah mempercayai Pengadilan Agama Natuna menjadi tempat PKL mahasiswa STAI Natuna. Kehadiran mahasiswa STAI Natuna selain memberikan manfaat bagi mahasiswa dalam menimba ilmu terapan di lingkungan pengadilan sebagai upaya dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa juga sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi Pengadilan Agama Natuna yang masih kekurangan personil pegawai dalam pelaksanaan dan penyelesaian tugas kedinasan sehari-hari sehingga terjalin simbiosis mutualisme. Dan beliau menambahkan mahasiswa PKL ini juga patuh terhadap apa yang diperintahkan oleh pihak  Pengadilan Agama Natuna, dan memiliki tingkat kedipsilinan yang baik.

Beliau Bapak Ketua mewakili seluruh jajaran Pimpinan, Hakim dan seluruh jajaran Pegawai Pengadilan Agama Natuna menyampaikan permohonan maaf kepada para mahasiswa apabila selama dalam pelaksanaan PKL tersebut terdapat ucapan, tindakan ataupun tingkah laku yang kurang berkenan dari bapak ibu Pegawai Pengadilan Agama Natuna.

Akhirnya acara ditutup dengan pemberiaan cinderamata dari mahasiswa kepada Bapak Ketua Pengadilan Agama Natuna yang diwakili oleh PLH ketua Pengadilan Agama Natuna. Dan pemberian Piagam penghargaan oleh Pengadilan Agama Natuna kepasa Pihak Sekolah Tinggi Agama Islam Natuna. Dan kegiatan ini pun berjalan dengan lancar. (usman)