PENANDATANGANAN MoU ANTARA PENGADILAN AGAMA NATUNA DENGAN PENYEDIA LAYANAN BANTUAN HUKUM

 

Membuka kegiatan di awal tahun 2020 pada hari Kamis tanggal 2 Januari 2020 bertempat di ruang rapat, pimpinan Pengadilan Agama Natuna membahas hingga menyepakati kerjasama dengan pihak penyedia jasa Layanan Bantuan Hukum di Pengadilan Agama Natuna tahun 2020. Advokat sekaligus dosen hukum pada STAI Natuna Syamsuriana. SH.,M.H kembali terpilih dan telah memenuhi syarat untuk menjadi penyedia Layanan Bantuan Hukum melalui Posbakum pada Pengadilan Agama Natuna selama tahun 2020.

Hasil pembahasan yang telah disepakati bersama kedua belah pihak tersebut selanjutnya dituangkan dalam surat kesepakatan (Memorandum of Understanding) yang kemudian di tandatangani dan segera dilaksanakan isinya. Layanan yang dibiayai oleh negara melalui DIPA Pengadilan Agama Natuna tahun anggaran 2020 tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan hukum bagi masyarakat (pencari keadilan) yang tidak mampu.

Acara tersebut, dihadiri langsung oleh Ketua PA Natuna (Bapak Rusdi, S.Ag., M.H) didampingi oleh Panitera (Drs. Ishak) dan Sekretaris (Hendri Suwelman, S.Kom), serta Kasubag. Perencanaan dan Pelaporan (Yendri Elvi, S.Si). Sedangkan dari pihak penyedia jasa layanan dihadiri oleh Syamsuriana, S.H.,M.H dan anggotanya bernama Kalimasari, S.H.

 

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Natuna menegaskan bahwa penandatangan kesepakatan tersebut dilaksanakan di awal agar pelayanan bantuan hukum dapat segera dilaksanakan sejak awal tahun. Sebagaimana diketahui bahwa kehadiran Pos Bantuan Hukum (Posbakum) di Pengadilan Agama Natuna sangat diperlukan oleh masyarakat pencari keadilan terutama yang tidak mampu dari segi keilmuan bidang hukum dan peradilan maupun yang tidak mampu secara ekonomi untuk membayar jasa bantuan hukum secara mandiri (swadaya). Ketua Pengadilan Agama Natuna berharap agar dengan ditandantanganinya kesepakatan (MoU) dengan penyedia layanan lebih awal yakni pada awal tahun ini, maka masyarakat (pencari keadilan) tidak tertunda atau terhambat dalam menerima layanan bantuan hukum.

Pihak penyedia layanan bantuan hukum, Syamsuriana, S.H.,M.H mengatakan bahwa tim-nya akan berusaha bersungguh-sungguh untuk memberikan layanan hukum kepada masyarakat pencari keadilan sebaik-baiknya. Pihaknya juga akan mempertahankan profesionalisme dan berusaha meningkatkan kualitas layanan demi tercapainya kepuasan masyarakat pencari keadilan. (Ksn)