PA NATUNA ADAKAN DDTK TENTANG EXCELLENT SERVICE

 

NATUNA – Pengadilan Agama (PA) Natuna mengadakan Diklat di Tempat Kerja (DDTK) tentang excellent service (pelayanan prima) di Ruang Sidang PA Natuna, Jumat, 5 Juni 2020. Pemateri DDTK tersebut adalah Hakim baru PA Natuna Samsul Zakaria, S.Sy., M.H. Adapun pesertanya adalah panitera, sekretaris, panmud hukum, petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), petugas resepsionis, satpam, dan petugas posbakum.

            Dalam sambutannya, Ketua PA Natuna, Rusdi, S.Ag., M.H., mengatakan bahwa pengadilan agama dituntut untuk memberikan pelayanan yang lebih. Sebelumnya, telah dibagikan materi tentang excellent service dari BRI Syariah. Namun, menurut Rusdi, supaya materi tersebut lebih mengena maka perlu didalami lagi dengan meminta salah seorang Hakim sebagai pemateri DDTK.

            DDTK berjalan dengan lancar. Peserta tampak antusias mengikuti materi. Permainan (game) yang disiapkan pemateri menambah keakraban antar peserta. Samsul menekankan bahwa pelayanan yang prima harus melibatkan seluruh SDM yang ada. Dalam istilah lain disebut dengan Total Quality Management (TQM).

            Pelayanan prima atau excellent service, lanjut Samsul, adalah pelayanan yang melampaui SOP. “Pelayanan atau khidmah pada hakikatnya adalah ibadah. Bila kita melayani dengan baik dan penuh keramahan maka begitu pula kita akan diperlakukan. Kamaa tadiinu tadaanu,” tutur alumnus magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut. (Humas-PA.Ntn)