PLH Ketua PA Natuna Mengikuti Pembinaan Teknis Yustisial bersama Hakim Agung RI

Jum’at, tanggal 26 Juni 2020, Delbi Ari Putra, S.H, Hakim sekaligus Pelaksana Harian (PLH) Ketua Pengadilan Agama Natuna, mengikuti Pembinaan Teknis Yustisial dengan tema “Permasalahan Hukum Ekonomi Syari’ah” yang diadakan oleh Ditjen Badilag dengan menghadirkan Hakim Agung dari Kamar Agama Mahkamah Agung RI yaitu YM. Dr. Yasardin, S.H., M.Hum. sebagai narasumber sebagaimana surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 2229/DjA/HM.00/6/2020, tanggal 23 Juni 2020.

Adapun ketentuan Pembinaan Teknis Yustisial tersebut diikuti oleh Ketua satuan kerja sebagaimana list terlampir dari Surat Dirjen Badilag tersebut dan diadakan secara online serta interaktif melalui aplikasi ZOOM dan juga selain peserta tersebut dapat mengikuti secara langsung (live streaming) melalui chanel Youtube Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI pada url: http://www.youtube.com/c/dokinfobadilag.-.

Delbi - demikian sapaan akrabnya – menjadi PLH sebagaimana Surat Perintah Pelaksana Harian Nomor: W4-A14/391/KP.01.2/06/2020 yang ditetapkan tanggal 19 Juni 2020 oleh Rusdi, S.Ag, selaku Ketua Pengadilan Agama Natuna yang ikut Tim Sidang Keliling ke Pulau Laut bersama Hakim lainnya.

 Untuk menindaklanjuti Surat Dirjen Badilag tersebut, selaku PLH, Delbi mengikuti kegiatan Pembinaan di ruang yang telah disediakan oleh Tim IT PA Natuna. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 91 (sembilan puluh satu) Satuan Kerja yang terdiri dari beberapa Pengadilan Tinggi Agama sebagai Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Agama Tingkat Pertama di Seluruh Indonesia yang berada di bawah Mahkamah Agung RI sesuai daftar list terlampir dari Surat Dirjen Badilag tanggal 23 Juni 2020.

Pembinaan melalui aplikasi ZOOM ini dipandu oleh Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag sebagai moderator dan sebelum YM Hakim Agung memberikan materi pembinaannya, diawali terlebih dahulu dengan sambutan dari Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Bapak Dirjen menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan ini akan terus diadakan setiap minggunya guna meningkatkan kualitas dan kapasitas hakim serta aparat peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial.

Selanjutnya, YM. Dr. Yasardin, S.H., M.Hum memberikan materi pembinaan tentang Permasalahan Hukum Ekonomi Syariah. Beliau mendiskusikan 4 (empat) putusan perkara Ekonomi Syariah pilihan yang telah diputus oleh Hakim Tingkat Pertama dan Tingkat Banding. Pembinaan dan diskusi berjalan lancar serta interaktif antara Narasumber dan para peserta yang dimulai jam 09.30 hingga selesai jam 11.30 WIB.
(dap)