WhatsApp Image 2023-01-19 at 17.56.13(1)

Kajian Rutin : Agama Itu Nasihat

Kamis, (12/01/2023), bertempat di mushala Pengadilan Agama Natuna, dilaksanakan kajian rutin Hadits Arbain Nawawiyah hadits ke - 7 yang disampaikan oleh Fajar Rukmana, A.md, Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan judul “Agama adalah Nasihat”.  Mengawali kajian rutin tersebut diawali dengan membacakan hadits ke – 7, yang berbunyi :

عَنْ أَبِي رُقَيَّةَ تَمِيْمٍ بْنِ أَوْسٍ الدَّارِي رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدِّيْنُ النَّصِيْحَةُ قُلْنَا : لِمَنْ ؟ قَالَ للهِ وَلِكِتَابِهِ وَلِرَسُوْلِهِ وَلِأَئِمَّةِ المُسْلِمِيْنَ وَعَامَّتِهِمْ – رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Dari Abu Ruqayyah Tamim bin Aus Ad-Daari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Agama adalah nasihat.” Kami bertanya, “Untuk siapa?” Beliau menjawab, “Bagi Allah, bagi kitab-Nya, bagi rasul-Nya, bagi pemimpin-pemimpin kaum muslimin, serta bagi umat Islam umumnya.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, beliau menjelaskan beberapa poin sebagai berikut :

  1. Nasihat untuk Allah mencakup dua hal :
  2. Mengikhlaskan ibadah hanya untuk-Nya;
  3. Mengakui keesaan Allah.
  4. Nasihat untuk Kitab Allah mencakup sejumlah hal, diantaranya :
  5. Menjaganya dari tahrif (penyelewengan) orang-orang yang mengubah makna atau mengartikan secra tidak benar.
  6. Menjalankan semua perintah-perintah-Nya.
  7. Meninggalkan semua larangnya-Nya.
  8. Nasihat untuk rasul-Nya mencakup beberapa hal , diantaranya :
  9. Hanya mengikuti beliau dan tidak megikuti yang lain.
  10. Beriman bahwa beliau adalah rasul Allah yang sebenarnya, dan tidak berdusta, karena beliau adalah rasul yang jujur lagi terpercaya.
  11. Mempercayai semua berita yang ia sampaikan, baik berita yang telah lalu, saat ini, ataupun yang akan terjadi kemudian hari.
  12. Nasihat untuk ulama meliputi beberapa hal. Diantaranya :
  13. Mencintai mereka.
  14. Membantu dan menolong mereka dan mejelaskan kebenaran, menyebarkan tulisan-tulisan mereka melalui berbagai media massa yang berbeda menurut ukuran ruang dan waktu yang ada.
  15. Membela harga diri mereka.
  16. Nasihat untuk para pemimpin meliputi beberapa hal, diantaranya:
  17. Meyakini kepemimpinan mereka yang benar.
  18. Menyebarluaskan kebaikan-kebaikan mereka di tengah-tengah rakyat, karena akan mengundang simpati rakyat kepada sang pemimpin.

WhatsApp Image 2023-01-19 at 17.56.13

Kemudian, penceramah menjelaskan bahwa Agama Islam berdiri tegak di atas upaya saling menasehati, maka harus selalu saling menasehati di antara masing-masing individu muslim dan nasihat wajib dilakukan sesuai kemampuan.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya untuk memebentuk pola pikir (mindset) yang baik untuk seluruh pegawai maupun honorer di Pengadilan Agama Natuna dan menanamkan sikap integritas tanpa batas dalam pembangunan Zona integritas.